21 March 2010

Metode Bates untuk Menurunkan Minus Mata

Aku baru liat sebuah artikel disebuah forum komunitas. Dalam artikel itu dijelaskan bahwa qta bisa menurunkan minus mata tanpa harus pakai kacamata ato dengan teknik modern yaitu lasik.

Metode sederhana yang dipakai untuk menurunkan mata minus yaitu metode Bates. Metode ini tidak perlu keluar uang banyak dan caranya pun sederhana.

Aku belum pernah coba metode ini. Tapi kenapa nggak untuk dicoba. Toh ga ada bahayanya mencoba metode ini. Hanya aku nggak tau apakah metode ini bisa menurunkan minus mata ato tidak... Secara aku belum pernah mencobanya.

Sebelum mengetahui metode Bates itu seperti apa, ga ada salahnya qta tau darimana metode ini muncul.
Metode Bates ini ditemukan oleh Dr. Bates, seorang spesialis mata yang telah meninggal dunia sejak lama tahun 1931.

Ga usah panjang lebar lagi, yuk qta liat metode Bates itu seperti apa.

Seperti dikutip dari Eyehealthremedies, Jumat (12/3/2010) ada beberapa Metode Bates yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Bersembunyi
Latihan penglihatan ini membantu mata untuk rileks dan beristirahat.
Cobalah duduk dengan nyaman di depan meja kemudian taruh beberapa bantal hingga tingginya sejejer mata. Letakkan siku tangan di atas bantal tersebut kemudian tutup mata dengan dua telapak tangan hingga tidak ada cahanya yang masuk. Bernapaslah perlahan, santai dan membayangkan dalam kegelapan. Mulailah melakukan hal ini selama 10 menit sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

2. Menggoyangkan bola mata
Cobalah berdiri dan fokus pada titik yang jauh, lalu goyangkan bola mata dari kiri dan kanan atau sebaliknya sambil berkedip sebanyak 100 kali setiap hari. Berkedip berguna untuk membersihkan dan melumasi mata.

3. Memilih satu warna dalam satu hari
Pilihlah satu warna berbeda tiap hari dan melihat keluar dengan objek warna yang dipilih sepanjang hari. Ketika melihatnya seseorang akan lebih menyadari warna daripada bentuknya.

4. Berjemur
Cobalah untuk melakukan hal ini sekali dalam sehari. Kegiatan ini membutuhkan hari yang cerah atau cahaya lampu yang bagus.

Caranya tutup mata lalu lihat langsung ke matahari melalui mata tertutup. Sambil melihat matahari, perlahan-lahan gerakkan kepala ke kiri dan ke kanan sampai sejauh yang Anda bisa hingga hampir menyentuh pundak. Hal ini membantu membawa lebih banyak sirkulasi darah ke leher. Lakukan hal ini selama 3-5 menit.

5. Menggeser penglihatan
Banyak orang yang menghabiskan waktu untuk menatap layar komputer di depan wajahnya. Cobalah untuk menggeser penglihatan Anda pada tenunan kain di lengan baju, poster di dinding atau pohon di seberang jalan. Hal ini dapat membantu meningkatkan penglihatan periferal dan dapat membantu rabun jauh, rabun dekat dan masalah penglihatan lainnya. Bahkan pada beberapa kasus bisa menghilangkan katarak.

Dr William Bates memberikan tips agar saat melakukan senam mata melepaskan kacamata atau kontak lensa agar merasa lebih nyaman dan santai. Ketika melakukan latihan ini cobalah untuk sangat berkonsentrasi pada mata sehingga hasilnya lebih maksimal.




Sent from my BlackBerry®

powered by Sinyal Kuat INDOSAT

1 comment:

  1. Perlu dicoba nih, kebetulan istri saya sedang minus 3, tapi kalau minusnya berubah juga ada efeknya mbak, efeknya yaitu harus ganti kaca mata. he..he..

    ReplyDelete

Search This Blog

Loading...

Popular Posts